Home » » manfaat rumput laut bagi kesehatan

manfaat rumput laut bagi kesehatan

Written By subur on Sabtu, 03 Januari 2015 | 04.00

Solusi Cerdas Cegah Penyakit Dengan Rumput Laut

Solusi cerdas cegah penyakit dengan rumput laut - Rumput laut merupakan salah satu jenis tanaman yang habitatnya di laut. Mengandung mineral, serat dan protein. Kesehatan tubuh dapat terjaga karena kandungan gizinya yang stabil. Ganggang laut ini berbeda dengan jenis tanaman yang lainnya karena rumput laut tidak mempunyai akar, batang dan daun.

Kandungan nutrisi yang terkandung pada rumput laut terdiri atas 27,8 % air, 5,4 % protein, 33,3 % karbohidrat, 8,6 % lemak, 3 % serat, dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Di Jepang, rumput laut kebanyakan dikonsumsi dalam bentuk kering (kulit sushi). Jika di Negara kita Indonesia, rumput laut diolah menjadi berbagai macam makanan yaitu dodol, agar-agar dan es buah.

Khasiat rumput laut bagi kesehatan.

1.    Pencegah penyakit anemia
Jenis spirulina adalah rumput laut yang berkhasiat untuk mengontrol jumlah sel-sel darah agar stabil. Tingginya kandungan zat besi pada rumput laut dapat mengurangi sel-sel darah yang tidak lancar atau terhambat. Selain itu berperan dalam proses peningkatan produksi sel darah di dalam tubuh.
2.    Pencegah penyakit kanker
Tanaman laut ini dipercaya dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker, khusunya kanker payudara.
3.    Membantu proses diet
Rumput laut memiliki kandungan serat alami. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan dapat memberikan efek kenyang pada perut anda. Sehingga rasa lapar akan ditekan sehingga nafsu makan anda menjadi berkurang.
4.    Penawar racun
Klorofil yang terkandung pada rumput laut akan melakukan detoks atau proses penstabilan kembali  pada tubuh yang terkena racun secara alami.
5.    Pencegah tulang keropos
Kandungan kalsium pada rumput laut ternyata 5x lipat lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Sebagaimana kita ketahui, kalsium dalam susu dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sama halnya dengan rumput laut yang dapat mencegah keropos atau kerapuhan yang terjadi pada tulang dan gigi.
6.    Pengganti Garam
Rumput laut bisa digunakan sebagai pengganti garam. Rasa asin yang ditimbulkan berasal dari sumber yang sama yaitu laut sebagai habitatnya. Resiko terserang penyakit stroke dan  tekanan darah tinggi dapat dihindari dengan cara mengurangi konsumsi garam dan menjadikan rumput laut sebagai pengganti rasa asin.
7.    Penyembuh luka
Vitamin C yang terkandung pada rumput laut dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi serta membantu dalam proses pemulihan pada kulit yang luka. Selain itu sangat berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh.
8.    Menjaga kesehatan kulit

Rumput laut mengandung antioksidan yang dapat mencegah kulit kusam. Gunakanlah rumput laut sebagai masker dan scrub. Hal ini bermanfaat untuk proses pengangkatan sel kulit mati. Selain masalah kulit kusam, jerawat dan infeksi jerawat juga dapat diatasi oleh bahan alami ini. Pilihlah produk kcantikan dan kesehatan yang mengandung rumput laut seabagai bahan utamanya.