Home » » mengatasi nyeri saat menstruasi

mengatasi nyeri saat menstruasi

Written By subur on Sabtu, 03 Januari 2015 | 04.01

Nyaman Beraktivitas Ketika Menstruasi Tanpa Nyeri

Nyaman beraktivitas ketika menstruasi tanpa nyeriMenstruasi terjadi setiap bulan pada wanita normal (bebas penyakit). Keluhan yang biasa terjadi yaitu mual hingga muntah, mudah lelah, sakit dibagian tubuh tertentu (perut, punggung, kaki), pusing dan diare. Sebagian besar wanita bahkan sulit mengontrol emosinya pada saat mengalami menstruasi. Apakah penyebab dan bagaimanakah solusinya?, berikut paparannya.

Nyeri haid dikategorikan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder.

·         Primer
Kategori primer menunjukkan bahwa seseorang tidak mengalami masalah pada rahimnya. Saat menstrusai, seseorang pasti merasakan sakit diperut bagian bawah. Hal ini terjadi karena hormon tidak seimbang
·         Sekunder
Kategori sekunder menandakan adanya kemungkinan seseorang mengalami penyakit pada rahimnya, seperti kista, tumor atau mioma. Sakit atau nyeri yang berlebihan merupakan tanda bahwa terjadi kelainan pada organ dalam pelvis. Jika anda mengalami hal ini, segera periksakan agar dapat dilakukan pemeriksaan pada rahin anda.

Nyeri haid disebabkan oleh:

·         Kontraksi rahim
Kontraksi rahim terjadi karena pelepasan dinding rahim yang diakibatkan oleh prostaglandin yang meningkat. Nyeri haid sebenarnya adalah nyeri akibat kejang pada otot perut dibagian bawah. Keadaan ini tidak hanya terjadi diperut tetapi nyeri akan menyebar kebagian tubuh lainnya. Bagian tubuh yang berpotensi terkena nyeri saat menstruasi antara lain paha, pinggang dan punggung. Kontraksi rahim berlangsung sebelum dan saat menstruasi.
·         Faktor hormonal
Peningkatan produksi hormon progesteron menyebabkan nyeri pada saat menstruasi. Hormon ini dihasilkan oleh corpus luteum. Meningkatnya hormon tersebut memicu otot rahim berkontraksi lebih kuat dalam proses pengeluaran darah menstruasi. Nyeri haid yang diakibatkan oleh faktor hormonal ini akan mereda atau bahkan hilang setelah anda mengalami proses kelahiran pertama.

Cara mengatasi nyeri haid

1.    Olah raga
Olah raga ringan, fokuskan pada gerakan untuk meregangkan otot-otot ligamen disekitar rongga panggul. Gerakan ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah dirongga panggul. Selain olah raga, konsumsi makanan yang kaya akan serat dan mineral sehingga BAB lancar.
2.    Obat
Minumlah obat-obatan dengan dosis rendah apabila nyeri yang anda alami sudah tidak dapat ditahan lagi. Obat penghilang nyeri dan obat pelancar aliran darah pada rongga panggul merupakan obat yang disarankan. Jika tidak dalam keadaan terpaksa, hindari penggunaan obat-obatan kimia.
3.    Pemberian hormon
Pemberian hormon yang dimaksud adalah konsumsi pil KB. Fungsinya adalah sebagai penghambat pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi). Tidak disarankan untuk seseorang yang belum memiliki keturunan, pil KB akan menghambat atau menunda kehamilan.
4.    Herbal
Bahan herbal atau alami sangat disarankan karena tidak menimbulkan efek samping. Selain berkhasiat meredakan rasa nyeri saat menstruasi, bahan herbal ini juga dapat menghilangkan bau tak sedap yang diakibatkan oleh darah kotor yang keluar. Jenis tumbuhan herbal yang dapat digunakan adalah tapak liman, kunyit, temu putih, sidaguri, dan mahkota dewa.