Home » » tips menghiangkan kebiasaan mendengkur

tips menghiangkan kebiasaan mendengkur

Written By subur on Sabtu, 03 Januari 2015 | 03.59

Tidur Nyenyak Tanpa Suara Dengkuran

Tidur nyenyak tanpa suara dengkuranSuara serak yang dihasilkan oleh tenggorokan ataupun hidung pada saat anda tidur disebut dengan mendengkur. Terdapat manfaat serta bahaya yang ditimbulkan akibat aktivitas ini. Mendengkur dapat menyebabkan beberapa penyakit, yaitu tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, depresi, kerusakan otak (ingatan terganggu, tekanan darah dan emosi tak terkontrol), dan diabetes. Secara teratur, mendengkur ternyata dapat bermanfaat dalam proses pembakaran kalori sebesar 1626-2000 kalori per satu hari. Apakah penyebab dan bagaimanakah cara mengatasi masalah mendengkur pada saat tidur?, berikut ulasannya.

Penyebab mendengkur

1.    Usia
Bertambahnya usia anda adalah penyebab utama masalah ini. Semakin tua, tenggorokan menjadi sempit dan tingkat kekencangan otot pada tenggorokan anda akan mengalami penurunan.
2.    Hidung dan sinus bermasalah
Jika hidung anda mengalami gangguan kesehatan, maka udara yang masuk menjadi tidak lancar. Proses pernapasan yang tidak berjalan normal menjadi salah satu penyebab mendengkur.
3.    Alkohol dan rokok
Mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok dan memakai narkoba memicu peningkatan relaksasi pada otot. Hal ini salah satu penyebab anda mendengkur.
4.    Posisi tidur
Pada saat posisi telentang daging tenggorokan menjadi rileks. Saluran udara akan terkunci pada tempat tersebut, sehingga menyebabkan anda mendengkur.
5.    Obesitas
Berat badan berlebih menimbulkan berbagai macam penyakit dan dapat menjadi penyebab anda mendengkur. Keadaan otot yang lemah dan jaringan lemak yang menumpuk pada tubuh mengakibatkan dengkuran.

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur

1.    Posisi tidur
Hindari posisi telentang, seperti yang telah dipaparkan diatas, pada posisi ini mengakibatkan dengkuran. Posisi tidur yang baik yaitu menghadap kesamping. Tidak disarankan untuk posisi tengkurap karena menyebabkan sesak nafas.
2.    Berat badan ideal
Salah satu penyebab mendengkur adalah obesitas. Maka jagalah berat badan anda agar selalu dalam keadaan ideal. Bertambahnya berat badan mengakibatkan penumpukan lemak pada seluruh tubuh. Salah satunya pada area leher dan diameter tenggorokan mengalami penurunan sehingga menyebabkan anda mendengkur.

3.    Alkohol
Minuman beralkohol dan obat-obatan penenang dapat mengurangi relaksasi otot pada bagian belakang tenggorokan. Hal ini adalah penyebab anda mendengkur.
4.    Waktu tidur
Kebiasaan begadang dan kurangnya waktu tidur perhari menyebabkan anda mendengkur. Badan menjadi lelah dan otot tidak mendapatkan waktu istirahat yang tepat. Waktu yang baik untuk beristirahat dalam tidur adalah 7 jam perhari.
5.    Saluran pernapasan
Saluran pernapasan yang bermasalah dapat menjadi penyebab anda mendengkur. Bebaskan saluran hidung anda dari masalah panyakit (batuk/pilek) atau benda-benda yang dapat mengganggu keluar masukknya udara pada proses bernapasan.
6.    Mandi air hangat
Badan akan lebih bugar dan relaksasi otot akan lebih baik jika anda mandi menggunakan air hangat. Tambahkan sedikit garam dan basuh berulangkali hidung yang mengalami penyumbatan. Hal ini dapat meredakan penyumbatan pada hidung dan menjadikan tubuh lebih segar.
7.    Kebersihan sarana tidur
Bakteri dan debu yang anda hirup pada saat tidur dapat menyebabkan alergi dan mengakibatkan dengkuran. Kebersihan tempat tidur dan bantal merupakan hal pokok yang wajib anda perhatikan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu sarana prasarana (AC/kipas angin) yang berada dalam kamar tidur anda juga harus terjaga kebersihannya. Jangan biarkan hewan peliharaan (anjing/kucing) anda masuk karena dapat membawa bakteri yang menyebabkan iritasi.
8.    Air putih
Dehidrasi merupakan penyebab mendengkur. Hal ini disebabkan oleh sekresi di hidung yang menjadikan keadaan lengket pada langit-langit lunak tenggorokan. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 11-16 gelas perhari.